Senin, 25 Februari 2013

Cara Simple Mengamankan SSH Server


SSH Server (Secure Shell Server) merupakan protocol TCP yang secara default berjalan pada port 22, protocol ini biasa untuk melakukan remote server berbasis text atau CLI (Command Line Interface), bagi sebagian orang akses SSH sangatlah penting namun sebagian orang pula kadang menganggap remeh akses ke protocol ini, jika akses SSH sudah berada di tangan orang lain sangat berbahaya untuk server kita, karena dengan akses SSH, seoarang penyerang dapat melakukan editing config ataupun menghapus semua file di dalam server kita hanya dengan akses SSH dan root privilege.

untuk mengamankan SSH Server ini berikut adalah beberapa step dasar untuk mengamankannya :
1. masuk ke dalam configurasi SSH Server kita:
vi /etc/ssh/sshd_config
2. rubah pada baris PermitRootLogin no menjadi yes ini berfungsi untuk memblock akses root melalui ssh, jadi kita tidak bisa login ke ssh dengan user root, harus dengan user dengan privilege user, dan jalankan sudo su untuk masuk ke dalam mode root privilege
PermitRootLogin yes 
3. mengganti port default SSH yang sebelumnya berada pada port 22 ke random port misalnya 2233,  config ini berfungsi untuk mencegah brute force login.
Port 2233
4. simpan konfigurasi diatas. jika menggunakan editor vi silahkan ketik esc kemudian :wq, namun jika kita menggunakan editor nano atau pico kita bisa menyimpan konfigurasi dengan menekan ctrl+x kemudian y dan enter.

5. selanjutnya restart SSH service anda dengan running perintah :
sudo /etc/init.d/sshd restart
 Baiklah, mungkin hanya sampai situ tutorial singkat dari saya, sebenarnya masih banyak cara yang bisa di gunakan untuk mengamankan SSH server, seperti dengan menggunakan metode key, yaitu hanya yang mempunyai script key yang bisa connect ke SSH Server. ataupun bisa menggunakan filter firewall dengan hanya meng-allow IP Public jaringan kita sehingga jika ada orang dari luar jaringan kita yang ingin connect ke SSH Server kita maka pasti akan terjadi Connection Refused.

 
 

1 komentar:

Blogger mengatakan...

Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

Over 160000 women and men are hacking their diet with a easy and secret "liquids hack" to burn 2lbs each and every night in their sleep.

It is very simple and works all the time.

Here's how you can do it yourself:

1) Get a clear glass and fill it up with water half the way

2) And then learn this strange hack

you'll be 2lbs skinnier the very next day!

Posting Komentar

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal