Jumat, 03 Februari 2012

Melakukan By Pass terhadap login hotspot mikrotik


Pada tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana cara untuk melakukan bypass terhadap sebuah client yang terkoneksi dengan hotspot namun tidak mau di repotkan dengan login hotspot pada setiap mau terkoneksi dengan internet.

ini berfungsi ketika kita menginginkan salah satu atau beberapa host yang secara langsung terkoneksi dengan login hotspot tidak ingin menggunakan login pada setiap ingin terkoneksi dengan internet, seperti pada laptop pimpinan kita contohnya yang tidak mau di repotkan dengan memasukkan username dan password, berikut ini step by stepnya... silahkan di pahami,, dan jika ada kesalahan mohon untuk di perbaiki karena pada hakikatnya saya juga sama-sama belajar..

diasumsikan pada tutorial kali ini mikrotik sudah di setting hotspot serta sudah terkoneksi dengan internet juga

1. buka mikrotik, dan masuk ke menu IP - HOTSPOT


2. masuk ke dalam tab Ip-Bindings
3. tambah rule ip bindings dengan menggunakan tanda + yang terdapat pada menu

penjelasan:
- untuk kolom mac address digunakan jika kita ingin menentukan melalui mac address host mana yang akan di    bypass
- untuk kolom address digunakan jika kita ingin menentukan melalui ip address dengan catatan ip address yang di masukkan bersifat static jadi tidak berubah2 nantinya
- untuk kolom to address digunakan jika kita ingin memberikan bypass terhadap range ip dari ip berapa sampai berapa
- untuk kolom server digunakan untuk menentukan pada server hotspot mana rule ini berkerja
- untuk kolom type berfungsi untuk menentukan bagaimana rule ini bekerja, ada 3 pilihan yaitu : bypassed, blocked, dan reguler. namun pada tutorial kali ini kita hanya agan melakukan by passed saja.

setelah kita melakukan setting pada rule ip binding, kita lakukan pengujian pada host client, jika sudah tidak ada login pada saat melakukan koneksi ke internet berarti rule ip bindings sudah berjalan dengan baik...:)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal